Apa Itu Plagiarism?

Akhir-akhir ini banyak penulis atau pengamat yang berbicara tentang apa itu plagiatisme atau istilah ndeso nya yaitu penjiplakan. Nah, sebenarnya tulisan yang bagaimana sih yang disebut plagiat?

Plagiat pada intinya ialah menyalin atau mengkopi tulisan orang lain secara utuh dan mengakui bahwa itu adalah tulisan dia sendiri. Untuk tulisan seperti karya ilmiah, jurnal, atau sejenis publikasi ilmiah tidak akan terlepas dari hal ini.Namun apakah itu juga disebut plagiat? Tentu saja tidak disebut plagiat ketika penulis menulis siapa pemegang copyright atau penulis aslinya. Karena pada dasarnya penilitian akan selalu berhubungan dengan penelitian sebelumnya. Setiap penelitian di akhir kesimpulannya pasti akan memunculkan pertanyaan baru yang akan menjadi dasar penelitian selanjutnya.

Bagaimana bila penulis ketahuan bahwa ia sebenarnya menjiplak? Tentu saja, bisa terkena sanksi perdata karena memang ada hak ciptanya. Terlebih bila memang sudah sampai hak paten. Maka dari itu menulislah dengan bijak, kalau pun harus berhubungan dengan ide atau tulisan orang lain, tulislah nama penulis sebenarnya. Happy writting… :)

Leave a Reply